Sabtu, 28 Januari 2023

Projek Suara Demokrasi

 


A.    DESKRIPSI SINGKAT PROYEK

Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila ini mengambil tema Suara Demokrasi dengan topik spesifik projek “Demokrasi di Lingkunganku!”. 

Proyek ini dimulai dengan tahap pengenalan, murid diajak mengenali dan menggali lebih dalam tentang pentingnya partisipasi tiap individu dalam kelompok, mulai dari kelompok kecil hingga dalam konteks masyarakat luas. Peserta didik diajak juga lebih peka melihat kesenjangan dan ketidaksetaraan yang terjadi di lingkungannya, serta mengenalkan peran anak muda dalam proses demokrasi. 

Setelah tahap pengenalan, murid masuk dalam tahap kontekstualisasi dengan melakukan riset terpadu dan mandiri, serta melihat konteks kemajuan teknologi dalam proses pelaksanaan demokrasi di kehidupan nyata. Selama proses projek ini berjalan, murid tidak hanya membentuk pengetahuan, namun juga membangun kesadaran dan melakukan penyelidikan secara kritis sehingga pada akhirnya dapat merencanakan solusi aksi dari situasi yang telah mereka ketahui dan pahami. 

Di tahap terakhir yaitu Aksi, murid menuangkan aksi nyata mereka dengan membuat simulasi sistem pemungutan suara sehingga diharapkan dapat menjadi pemicu dari terealisasinya ekspresi diri mereka dalam mengikuti proses pemungutan suara dalam Pilkada dan Pemilu. 

Melalui projek ini, murid diharapkan telah mengembangkan secara spesifik dua dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni Berkebhinekaan Global dan Bernalar Kritis beserta sub-elemen terkait yang dijabarkan secara detail pada dokumen ini.

B.    Dimensi, Elemen & Sub-Elemen dari Profil Pelajar Pancasila

1.      Berkebinekaan Global         

a.       Elemen: Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

Sub-elemen 1: Menyelaraskan perbedaan budaya

b.      Elemen: Berkeadilan Sosial

Sub-elemen 2 : Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama

c.       Elemen : Berkeadilan Sosial

Sub-elemen 3 : Memahami peran individu dalam demokrasi

2.      Bernalar Kritis

a.       Elemen: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Sub Elemen 1: Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

b.      Elemen: Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

Sub-elemen  Mengevaluasi dan menganalisa penalaran sebelum mengambil suatu keputusan atau kesimpulan

c.       Elemen: Refleksi pemikiran dan proses berpikir

Sub-elemen 3 : Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri

 C.     Pemahaman Utama

1.   Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka baik secara langsung atau melalui perwakilan.

2. Demokrasi Pancasila bertujuan untuk mengutamakan keselarasan, keseimbangan, dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

3.   Hak untuk mengeluarkan pendapat harus dilakukan dengan mengindahkan norma sosial dan hukum yang berlaku.

4.  Hak berpendapat selalu diiringi dengan kewajiban menghargai pendapat orang lain, karena pada dasarnya setiap kebebasan yang dimiliki selalu dibatasi oleh hak dan kebebasan orang lain

5.   Terdapat aturan atau etika yang harus dipatuhi saat kita menjalankan hak berdemokrasi atau berpendapat baik secara virtual maupun di dunia nyata.

 D.    Pertanyaan Pemantik

Dalam projek penguatan profil pelajar pancasila yang pertama ini menyajikan dua pertanyaan pemantik pada awal penentuan subtopik dan pada akhir evaluasi refleksi berakhirnya projek.

Pertanyaan Pemantik Pada Awal 

1.      Apa yang kamu pikirkan jika mendengar tentang demokrasi?

2.      Kegiatan apa saja di lingkungan sekitarmu yang menerapkan prinsip demokrasi

3.      Permasalahan apa yang pernah kamu jumpai dalam pelaksanaan demokrasi?

4.      Kontribusi apa yang pernah kalian lakukan dalam pelaksanaan demokrasi?

Pertanyaan Pemantik Pada Akhir

Pertanyaan pemantik yang dapat ditanyakan pada akhir projek adalah:

1.      Hal apa yang paling berkesan dalam pelaksanaan proyek suara demokrasi?

2.      Hal apa yang paling menantang sepanjang projek? 

3.      Kendala apa saja yang kalian temui saat melakukan aksi nyata suara demokrasi?

4.      Hal baru apa yang kalian dapatkan setelah melaksanakan proyek dan aksi nyata?

5.      Apa saja perubahan cara berpikir dan perilaku yang dialami setelah melaksanakan proyek?


Modul selengkapnya tentang Projek Suara Demokrasi di SMP Negeri 7 Pati dapat dilihat pada modul berikut:





Anda juga bisa mendownload modul ajar Proyek Suara Demokrasi pada link berikut



Video Pelaksanaan dapat dilihat pada video berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar