A. DESKRIPSI SINGKAT PROYEK
Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila ini mengambil tema Suara
Demokrasi dengan topik spesifik projek “Demokrasi di Lingkunganku!”.
Proyek ini dimulai dengan tahap pengenalan, murid diajak mengenali dan
menggali lebih dalam tentang pentingnya partisipasi tiap individu dalam
kelompok, mulai dari kelompok kecil hingga dalam konteks masyarakat luas.
Peserta didik diajak juga lebih peka melihat kesenjangan dan ketidaksetaraan
yang terjadi di lingkungannya, serta mengenalkan peran anak muda dalam proses demokrasi.
Setelah tahap pengenalan, murid masuk dalam tahap kontekstualisasi
dengan melakukan riset terpadu dan mandiri, serta melihat konteks kemajuan
teknologi dalam proses pelaksanaan demokrasi di kehidupan nyata. Selama proses
projek ini berjalan, murid tidak hanya membentuk pengetahuan, namun juga
membangun kesadaran dan melakukan penyelidikan secara kritis sehingga pada
akhirnya dapat merencanakan solusi aksi dari situasi yang telah mereka ketahui
dan pahami.
Di tahap terakhir yaitu Aksi, murid menuangkan aksi nyata mereka dengan
membuat simulasi sistem pemungutan suara sehingga diharapkan dapat menjadi
pemicu dari terealisasinya ekspresi diri mereka dalam mengikuti proses
pemungutan suara dalam Pilkada dan Pemilu.
Melalui projek ini, murid diharapkan telah mengembangkan secara spesifik
dua dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni Berkebhinekaan Global dan Bernalar
Kritis beserta sub-elemen terkait yang dijabarkan secara detail pada dokumen
ini.
B. Dimensi,
Elemen & Sub-Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
1. Berkebinekaan Global
a. Elemen: Refleksi dan bertanggung jawab
terhadap pengalaman kebinekaan
Sub-elemen
1: Menyelaraskan perbedaan budaya
b. Elemen: Berkeadilan Sosial
Sub-elemen 2
: Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama
c. Elemen : Berkeadilan Sosial
Sub-elemen 3
: Memahami peran individu dalam demokrasi
2. Bernalar Kritis
a. Elemen: Memperoleh dan memproses informasi
dan gagasan
Sub Elemen
1: Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
b. Elemen: Menganalisis dan mengevaluasi
penalaran dan prosedurnya
Sub-elemen Mengevaluasi dan menganalisa penalaran
sebelum mengambil suatu keputusan atau kesimpulan
c. Elemen: Refleksi pemikiran dan proses
berpikir
Sub-elemen 3
: Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
1. Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di
mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang
dapat mengubah hidup mereka baik secara langsung atau melalui perwakilan.
2. Demokrasi Pancasila bertujuan untuk mengutamakan
keselarasan, keseimbangan, dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi
maupun golongan.
3. Hak untuk mengeluarkan pendapat harus
dilakukan dengan mengindahkan norma sosial dan hukum yang berlaku.
4. Hak berpendapat selalu diiringi dengan kewajiban
menghargai pendapat orang lain, karena pada dasarnya setiap kebebasan yang
dimiliki selalu dibatasi oleh hak dan kebebasan orang lain
5. Terdapat aturan atau etika yang harus
dipatuhi saat kita menjalankan hak berdemokrasi atau berpendapat baik secara virtual
maupun di dunia nyata.
Dalam projek
penguatan profil pelajar pancasila yang pertama ini menyajikan dua pertanyaan
pemantik pada awal penentuan subtopik dan pada akhir evaluasi refleksi
berakhirnya projek.
Pertanyaan
Pemantik Pada Awal
1. Apa yang kamu pikirkan jika mendengar
tentang demokrasi?
2. Kegiatan apa saja di lingkungan sekitarmu
yang menerapkan prinsip demokrasi
3. Permasalahan apa yang pernah kamu jumpai dalam
pelaksanaan demokrasi?
4. Kontribusi apa yang pernah kalian lakukan
dalam pelaksanaan demokrasi?
Pertanyaan
Pemantik Pada Akhir
Pertanyaan
pemantik yang dapat ditanyakan pada akhir projek adalah:
1. Hal apa yang paling berkesan dalam
pelaksanaan proyek suara demokrasi?
2. Hal apa yang paling menantang sepanjang
projek?
3. Kendala apa saja yang kalian temui saat
melakukan aksi nyata suara demokrasi?
4. Hal baru apa yang kalian dapatkan setelah
melaksanakan proyek dan aksi nyata?
5. Apa saja perubahan cara berpikir dan
perilaku yang dialami setelah melaksanakan proyek?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar